LEMBAR PENGESAHAN
PROGRAM SEKOLAH HIJAU DAN SEHAT
UPTD SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO
TAHUN 2012 – 2013
Disusun oleh:
Ketua Komite sekolah Kepala UPTD SMP N 1 Gampengrejo Penanggungjawab Program
MAHMUDI TRISNO MULYO, S.Pd.M.M.Pd SINTOWATI, S.Pd
Pembina Tk. I NIP. 19621101 198412 2 003 .
NIP. 19591231 198202 1 025
Mengesahkan
a.n. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Kediri
Kepala Bidang Pendidikan SMP, SMA dan SMK
Drs. DARMADI, M.Pd
Pembina Tk. I
NIP. 19601009 198202 1 004
RENCANA KEGIATAN
PENGEMBANGAN SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan sebagai upaya dalam membentuk manusia Indonesia seutuhnya adalah mutlak keberadaaannya. Suatu bangsa tidak akan pernah bisa melepaskan atau mengabaikan masalah pendidikan. Artinya Pendidikan sangat penting dalam membawa suatu bangsa menuju kejayaan, keberadaban dan kemuliaan.
Sebagai wujud tanggung jawab pendidik terhadap generasi yang akan datang, sepantasnyalah perlu memberikan teladan serta pendidikan yang baik dan bertanggung jawab.
Saat ini dunia seakan khawatir dengan kondisi alam yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup makluk yang ada di muka bumi. Dunia telah berubah dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang membawa dampak terhadap lingkungan hidup. Eksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran telah membawa dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Banjir, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, dan masih banyak lagi peristiwa-peristiwa alam sebagai akibat dari kecerobohan manusia dalam berperilaku yang tidak peduli lingkungan.
Dalam upaya mengatisipasi kejadian yang lebih parah perlu adanya perubahan perilaku yang peduli lingkungan pada manusia dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu adanya pendidikan yang merubah perilaku generasi sekarang agar nantinya mampu menjadi jawaban atas kekawatiran kita saat ini di masa datang. Dan kepedulian terhadap lingkungan pada dunia pendidikan mulailah muncul dengan ditandainya momentum-momentum dari pemerintah pusat melalui beberapa kementrian dengan program kepedulian lingkungan yang diwujudkan dalam perundang-undangan.
B. DASAR HUKUM
Adapun yang menjadi pijakan/payung hukum bagi Program Sekolah Adiwiyata terkait dengan Pendidikan lingkungan hidup adalah sebagai berikut;
1. Tahun 2004 Kementerian Negara Lingkungan Hidup bekerja sama Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Dalam Negeri dan Departemen Agama, telah menandatangani Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup.
2. Tanggal 3 Juni 2005 KNLH dan Departemen Pendidikan Nasional menandatangani Kesepakatan Bersama Nomor: KEP. 07/MENLH/06/2005 dan Nomor: 05/VI/KB/2005 tentang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup
3. Pada tahun 1996 ditandatangani Kesepakatan Bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 0142/U/1996 dan No. KEP 89/MENLH/5/-1996 tentang Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup
4. Sebagai tindak lanjut Kesepakatan Bersama tersebut KNLH dan Departemen Pendidikan Nasional pada Tahun 2006 ini telah mencanangkan Program Adiwiyata (Program Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan).
Dengan dasar hukum itulah maka SMP Negeri 1 Gampengrejo yang mulai tahun 2009 telah mencanangkan diri secara tegas memasukan materi lingkungan hidup pada proses pendidikan. Dengan jelas dan tegas visi misi sekolah dan langkah konkrit dalam pembelajarannya yang menjadikan pendidikan lingkungan hidup sangat penting.
Dibawah ini adalah gambaran dari tujuan program adiwiyata di SMP Negeri 1 Gampengrejo.
C. TUJUAN / MANFAAT
• Menciptakan kondisi yang baik sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan Lingkungan Hidup dan pembangunan berkelanjutan.
• Mengajak warga sekolah dapat melaksanakan Proses Belajar Mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan dan menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.
D. RINCIAN PROGRAM KERJA SEKOLAH ADIWIYATA
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Jadwal
|
Sasaran/tempat
|
Sumber Dana
|
Pelaksana
|
1.
|
Rapat Pembentukan Pengurus Baru Sekolah Adiwiyata
|
Januari 2012
|
-
|
Adiwiyata
|
Kepala Sekolah
|
2.
|
Sosialisasi Pembuatan Program Kerja Setiap Pokja
|
Februari 2012
|
Koordinator Pokja
|
Adiwiyata
|
Tim Inti Adiwiyata
|
3.
|
Pengumpulan Program Kerja Setiap Pokja
|
Maret 2012
|
Koordinator Pokja
|
-
|
Tim Inti Adiwiyata
|
4.
|
Pengawasan Pelaksanaan Program Kerja Setiap Pokja
|
April-Juni 2012
|
Koordinator Pokja
|
-
|
Tim Inti Adiwiyata
|
5.
|
Evaluasi Pelaksaaan Program Kerja Pokja
|
Juli 2012
|
Koordinator Pokja
|
Tim Inti Adiwiyata
| |
6.
|
Pembinaan kepada Koordinator Pokja
|
Agustus 2012
|
Koordinator Pokja
|
Tim Inti Adiwiyata
| |
7.
|
Sosialisasi Program Kerja Sekolah Adiwiyata kepada 10 Sekolah binaan
|
September- Desember 2012
|
Sepuluh Sekolah Binaan
|
Adiwiyata
|
Seluruh Pengurus Sekolah Adiwiyata
|
8.
|
Pembinaan tentang Bahaya Merokok dan Narkoba dari Kepolisian
|
September 2012
|
Semua Warga Sekolah
|
Adiwiyata
|
Kepolisian
|
9.
|
Pengadaan Satu Bunga dalam Satu Pot Tiap Kelas
|
September-Oktober 2012
|
Siswa
|
Adiwiyata
|
Tiap Kelas
|
10.
|
Sosialisasi Dari Dinas Kesehatan
|
September 2012
|
Siswa
|
Adiwiyata
|
Dinas Kesehatan
|
11.
|
Whorkshop Adiwiyata Tingkat Kabupaten/Provinsi/Nasional
|
September-November 2012
|
Tim Adiwiyata
|
Adiwiyata
|
Kabupaten/Provinsi/Nasional
|
12
|
Bekerja sama dengan Dinas Perhutanan dan Perkebunan dalam Pengadaan Tanman Langka
|
September-November 2012
|
Sekolah
|
-
|
Dinas Perhutanan dan Perkebunan
|
13.
|
Kunjungan Bupati Kediri
|
September-November 2012
|
Semua Warga Sekolah
|
Adiwiyata
|
Bupati Kediri
|
14.
|
Sosialisasi Bank Sampah
|
Oktober 2012
|
Koordinator Pokja
|
Adiwiyata
|
Perum Willis Indah II
|
15.
|
Lomba Kebersihan Kelas
|
Oktober-Desember 2012
|
Siswa/kelas
|
Adiwiyata
|
Pokja Kebersihan
|
16.
|
Peringatan Idul Adha (Pemakaian daun sebagai pembungungkus daging kurban)
|
Oktober 2012
|
Warga Sekolah
|
Siswa, guru dan karyawan
|
Pokja Pembinaan Mental Spiritual
|
17.
|
Lomba Keindahan dan Keasrian Taman Kelss
|
Oktober-Desember 2012
|
Siswa/kelas
|
Adiwiyata
|
Pokja Taman
|
18.
|
Study Banding Ke SMP Kepanjen Malang
|
Oktober-November 2012
|
Tim Inti Adiwiyata
|
Adiwiyata
|
SMP Kepanjen Malang
|
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Jadwal
|
Sasaran/tempat
|
Sumber Dana
|
Pelaksana
|
19.
|
Sosialisasi Pembuatan Kompos dari Tim Kapal UNP
|
November-Desember2012
|
Pokja Komposting dan siswa
|
Adiwiyata
|
Tim Kapal Dari UNP Kediri
|
20.
|
Sosialisasi tentang Green House
|
November 2012
|
Komite dan Warga Masyarakat
|
Adiwiyata
|
Siswa
|
21.
|
Sosialisasi tentang Toga
|
Desember 2012
|
Wali Murid
|
Adiwiyata
|
Siswa
|
22.
|
Lomba Pemanfaatan Limbah Plastik/Kertas
|
Desember 2012
|
siswa
|
Adiwiyata
|
Pokja Daur Ulang Sampah
|
23.
|
Lomba Kreatifitas Boga
|
Desember 2012
|
Siswa
|
Adiwiyata
|
Pokja Boga
|
24.
|
Lomba Adzan dan Tartil Qur’an
|
Desember 2012
|
Siswa
|
Adiwiyata
|
Pokja Pemb. Mental spiritual
|
25.
|
Sosialisasi Kranisasi dan Biopori
|
Desember 2012
|
Wali Murid
|
Adiwiyata
|
Siswa
|
26.
|
Lomba Tanaman dalam Pot
|
Desember 2012
|
Guru Karyawan
|
Adiwiyata
|
Juri/Dinas Lain
|
27.
|
Lomba Posterisasi Bekerja Sama dengan Jasa Tirta
|
Desember 2012
|
Siswa
|
Adiwiyata
|
Pokja Posterterisasi
|
28.
|
Lomba Mading Kelas tentang Lingkungan Hidup
|
Desember 2012
|
Kelas
|
Adiwiyata
|
Pokja Mading dan Posterisasi
|
29.
|
Study Banding tentang Pemanfaatan Toga ke Desa Bujel
|
Desember 2012
|
Anggota dan Koordinator Pokja Toga
|
Adiwiyata
|
Bapak Slamet Bujel
|
30.
|
Pemilihan Putra Putri Duta Adiwiyata
|
Desember 2012
|
Perwakilan Kelas
|
Adiwiyata
|
Bapak Catur Penanggung Jawab Pokja Polisi Lingkungan
|
E. RENCANA ANGGARAN SEKOLAH | ||||||||||||
YANG TERALOKASI KE DALAM KEGIATAN ADIWIYATA | ||||||||||||
TAHUN PELAJARAN 2012/2013 | ||||||||||||
PERIODE TANGGAL, 01 JANUARI 2012 S/D 31 DESEMBER 2012 | ||||||||||||
Sekolah | : UPTD SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO | |||||||||||
Kecamatan | : GAMPENGREJO | |||||||||||
Kabupaten / Kota | : KEDIRI | |||||||||||
No | Uraian Kegiatan Penggunaan | Jumlah | Sumber Dana | |||||||||
Rutin | Bantuan | Dana Komite | Dana Lain | |||||||||
BOS | GRANT | Iuran Orang Tua | Iuran Sukerela | Usaha lain | ||||||||
1.3 | Pengembangan Proses Pembelajaran | |||||||||||
1.3.1 | Pembiayaan PPD | |||||||||||
1.3.1.4 | Honorarium Panitia MOS : 27 orang x Rp. 35.000 | 945.000 | 945.000 | |||||||||
Pemilihan Pengurus OSIS | - | |||||||||||
1.3.2.1 | Konsumsi 50 siswa x 2 hari x Rp. 15.000 | 1.500.000 | 1.500.000 | |||||||||
1.3.2.2 | Dokumentasi 1 Rol x Rp. 200.000 | 200.000 | 200.000 | |||||||||
L D K | - | |||||||||||
1.3.3.1 | Konsumsi 50 siswa x 2 hari x Rp. 20.000 | 2.000.000 | 2.000.000 | |||||||||
1.3.3.2 | Honorarium Pembina / Pelatih 6 orang x2 hari x Rp. 50.000 | 600.000 | 600.000 | |||||||||
Membiayai Kegiatan Siswa | - | |||||||||||
Kegiatan Maulud Nabi | - | |||||||||||
Konsumsi 70 orang x Rp. 15.000 | 700.000 | 700.000 | ||||||||||
HR Panitia 25 orang X Rp. 30.000 | 625.000 | 625.000 | ||||||||||
Istiqosah | - | |||||||||||
Konsumsi 70 orang x Rp. 15.000 | 1.050.000 | 1.050.000 | ||||||||||
Pembicara | 300.000 | 300.000 | ||||||||||
Isro' Miroj | - | |||||||||||
Konsumsi 70 orang x Rp. 15.000 | 1.050.000 | 1.050.000 | ||||||||||
Pembicara | 300.000 | 300.000 | ||||||||||
ESQ | ||||||||||||
Konsumsi 70 orang x Rp. 15.000 | 1.050.000 | 1.050.000 | ||||||||||
Pembicara | 300.000 | 300.000 | ||||||||||
1.3.7 | Kegiatan Lomba | |||||||||||
Musik | ||||||||||||
1.3.7.1.2 | Transpot 1 mobil x 2 hari x Rp. 200,000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.1.3 | Konsumsi 15 orang x 5 hari x Rp. 15.000 | 1.125.000 | 1.125.000 | |||||||||
1.3.7.1.4 | Persiapan pembinaan 2 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.1.5 | HR. Pelaksanaan 2 orang x 2 hari x Rp. 50.000 | 200.000 | 200.000 | |||||||||
1.3.7.1.6 | Dokumentasi | 200.000 | 200.000 | |||||||||
Lukis | - | |||||||||||
1.3.7.2,1 | Transpot 1 mobil x 2 hari x Rp. 200.000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.2,2 | Konsumsi 10 orang x 5 hari x Rp. 15.000 | 750.000 | 750.000 | |||||||||
1.3.7.2,3 | Peralatan Lukis | 300.000 | 300.000 | |||||||||
1.3.7.2.4 | Dokumentasi | 200.000 | 200.000 | |||||||||
Tari | - | |||||||||||
1.3.7.3.1 | Pembinaan persiapan 5 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 1.000.000 | 1.000.000 | |||||||||
1.3.7.3.2 | Transpot 2 mobil x Rp. 200.000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.3.3 | Konsumsi pelaksanaan 20 orang x 3 makan x Rp. 15.000 | 900.000 | 900.000 | |||||||||
1.3.7.3.4 | HR. Pelaksanaan 2 orang x 1 hari x Rp. 30.000 | 60.000 | 60.000 | |||||||||
1.3.7.3.5 | Dokumentasi 1 Rol x Rp. 200.000 | 200.000 | 200.000 | |||||||||
Futsal | ||||||||||||
1.3.7.4.1 | Transpot 1 mobil x 2 hari x Rp. 200,000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.4.2 | Konsumsi 15 orang x 6 hari x Rp. 15.000 | 450.000 | 450.000 | |||||||||
1.3.7.4.3 | Persiapan pembinaan 2 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.4.4 | HR. Pelaksanaan 2 orang x 2 hari x Rp. 30.000 | 120.000 | 120.000 | |||||||||
Bola Basket | ||||||||||||
1.3.7.5.1 | Transpot 1 mobil x 2 hari x Rp. 200,000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.5.2 | Konsumsi 6 orang x 5 hari x Rp. 15.000 | 450.000 | 450.000 | |||||||||
1.3.7.5.3 | Persiapan pembinaan 2 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.5.4 | HR. Pelaksanaan 2 orang x 2 hari x Rp. 30.000 | 120.000 | 120.000 | |||||||||
Sepak Bola | - | |||||||||||
1.3.7.4.1 | Transpot 1 mobil x 2 hari x Rp. 200,000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.4.2 | Konsumsi 20 orang x 5 hari x Rp. 15.000 | 1.500.000 | 1.500.000 | |||||||||
1.3.7.4.3 | Persiapan pembinaan 2 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.4.4 | HR. Pelaksanaan 2 orang x 2 hari x Rp. 30.000 | 120.000 | 120.000 | |||||||||
Bola Volley | - | |||||||||||
1.3.7.5.1 | Transpot 1 mobil x 2 hari x Rp. 200,000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.5.2 | Konsumsi 15 orang x 4 hari x Rp. 15.000 | 1.125.000 | 1.125.000 | |||||||||
1.3.7.5.3 | Persiapan pembinaan 2 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.5.4 | HR. Pelaksanaan 1 orang x 2 hari x Rp. 40.000 | 80.000 | 80.000 | |||||||||
Pramuka/ Persami | - | |||||||||||
1.3.7.6.1 | Konsumsi 40 orang x 2 hari x Rp. 10.000 selama 2 semester | 1.600.000 | 1.600.000 | |||||||||
1.3.7.6.2 | Dokumentasi 1 Rol x Rp. 200.000 x semester | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.6.3 | Peralatan | 800.000 | 800.000 | |||||||||
Lomba UKS | ||||||||||||
1.3.7.7.1 | Pembinaan persiapan 5 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 1.000.000 | 1.000.000 | |||||||||
1.3.7.7.2 | Transpot 2 mobil x Rp. 200.000 | 400.000 | 400.000 | |||||||||
1.3.7.7.3 | Konsumsi pelaksanaan 20 orang x 2 makan x Rp. 15.000 | 600.000 | 600.000 | |||||||||
1.3.7.7.4 | HR. Pelaksanaan 2 orang x 1 hari x Rp. 30.000 | 60.000 | 60.000 | |||||||||
1.3.7.7.5 | Dokumentasi 1 Rol x Rp. 200.000 | 200.000 | 200.000 | |||||||||
1.3.8 | pengembangan prestasi siswa | |||||||||||
1.3.8.1 | Olimpiade MIPA | - | ||||||||||
Transpot 1 mobil x 1 hari x Rp. 200,000 | 200.000 | 200.000 | ||||||||||
Konsumsi 4 orang x 1 hari x Rp. 15.000 | 60.000 | 60.000 | ||||||||||
Persiapan pembinaan 2 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 400.000 | 400.000 | ||||||||||
HR. Pelaksanaan 2 orang x 1 hari x Rp. 50.000 | 100.000 | 100.000 | ||||||||||
1.3.8.4 | Lomba Memasak | - | ||||||||||
Transpot 1 mobil x 1 hari x Rp. 400,000 | 400.000 | 400.000 | ||||||||||
Konsumsi 4 orang x 2 hari x Rp. 15.000 | 60.000 | 60.000 | ||||||||||
Persiapan pembinaan 2 orang x 10 hari x Rp. 20.000 | 400.000 | 400.000 | ||||||||||
HR. Pelaksanaan 2 orang x 1 hari x Rp. 30.000 | 60.000 | 60.000 | ||||||||||
Pembelian Bahan dan Alat Praktek | 750.000 | 750.000 | ||||||||||
1.4 | Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan | |||||||||||
1.4.3 | Workshop | 3.000.000 | 3.000.000 | |||||||||
1.4.4 | Seminar | 3.000.000 | 3.000.000 | |||||||||
1.5 Pengembangan sarana prasarana Sekolah | ||||||||||||
1.5.2 | Pengecatan Ruang Kelas | - | ||||||||||
1.5.2.1 | Pembelian cat tembok 140 galon x Rp. 95.000 | 13.300.000 | 13.300.000 | |||||||||
1.5.2.2 | Ongkos kerja 10 orang x 15 hari x Rp. 50.000 | 7.500.000 | 7.500.000 | |||||||||
1.5.5 | Rehab Pagar 25 m2 x Rp. 100.000 x 2 semester | 5.000.000 | 5.000.000 | |||||||||
1.5.6 | Perawatan taman sekolah | 8.000.000 | 8.000.000 | |||||||||
1.5.7 | Pembelian bunga | 4.500.000 | 4.500.000 | |||||||||
1.5.8 | Perbaikan Selasar,got tepi gedung | 5.000.000 | 5.000.000 | |||||||||
1.5.9 | Perbaikan instalasi air | 4.000.000 | 4.000.000 | |||||||||
1.6 | Pengembangan dan Implementasi Manajemen Sekolah | |||||||||||
1.6.1 | Adiwiyata | |||||||||||
Laporan Pelaksanaan Adiwiyata | 5.000.000 | 5.000.000 | ||||||||||
1.6.2 | Pengembangan Diri | |||||||||||
Honorarium penyaji pengembangan diri 25 orang x 12 bl x Rp. 30.000 | 9.000.000 | 9.000.000 | ||||||||||
1.6.3 | Jum'at Bersih dan Jum'at Sehat | |||||||||||
Konsumsi 70 orang x 2 hari x 12 Bulan x Rp. 10.000- | 16.800.000 | 16.800.000 | ||||||||||
JUMLAH | 115.910.000 | |||||||||||
Gampengrejo, | ||||||||||||
Ketua Adiwiyata | ||||||||||||
SINTOWATI,S.Pd | ||||||||||||
NIP. 19621101 198412 2 003 |
F. SUSUNAN PENGURUS SEKOLAH ADIWIYATA
UPTD SMPN I GAMPENGREJO
TAHUN 2012
1. PENANGGUNG JAWAB : TRISNO MULYO, S.Pd.,M. M.Pd.
2. KETUA : SINTOWATI, S Pd.
3. SEKRETARIS : TITIK SUMARMI, S.Pd
4. BENDAHARA : ISMIATI, S.Pd.
5. KOORD. LAPANGAN : JUMADI, S.Pd.
6. KOORD. PORTOFOLIO : WIDODO SAYEKTI, S.Pd.
v KOMPONEN 1 : MARLAN, S.Pd.
v KOMPONEN 2 : DENOK WIDJAJATI, S,Pd.
v KOMPONEN 3 : AGUS HARI PRASOJO, S.Pd.
v KOMPONEN 4 : Drs. BAMBANG SULISTIADJI
7. KOORDINATOR POKJA-POKJA
v POKJA TAMAN KELAS 7 : BIBIT, S.Pd.
v POKJA TAMAN KELAS 8 : SUWARDI, S.Pd.
v POKJA TAMAN KELAS 9 : Drs. NURUL KAHFI
v POKJA TOGA : SUKANDAR, S.Pd.
v POKJA KEBUN : PURWONGGO, S.Pd
v POKJA SATWA/FAUNA : DINIK WAHYUNINGSIH, S.Pd.
v GREEN HOUSE : ARIF SUPRIYADI
v KRANISASI, BIOPORI DAN DRAINASE : Drs. DJONI NUR HASAN
v KOMPOSTING : A. HUDAINI, S.Pd.
v DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK : SITI MAISAROH, S.Pd.
v DAUR ULANG SAMPAH KERTAS : SAMPURNO HADI , S.Pd.
v SARANA PRASARANA : Drs. MUJIANTO
v KEBERSIHAN LINGKUNGAN : AGUNG PURWOKO EDI, S.Pd.
v KEBERSIHAN KAMAR MANDI : WIWIK SUGIARTI,S.Pd.
v KADER KESEHATAN REMAJA : Dra. NINDYAH LARASATI
v KANTIN SEHAT : ENDANG KUSMINI, S.Pd.
v KREATIFITAS BOGA : SULI SETIAWATI, S.Pd.
v POSTERISASI : H. ALI YASAK, S.Pd.
v MADING : SARIFAH S.Pd.
v KEROHANIAN : LILIK NUR KHOLIDAH, S.Ag.
v POLISI LINGKUANGAN SEKOLAH : Drs. CATUR WIDOPADMONO
v DOKUMENTASI : DODIK NUR CAHYO
8. PEMBANTU PELAKSANA : ARIF SUPRIADI
G. DISKRIPSI TUGAS PENGURUS SEKOLAH ADIWIYATA
NO.
|
PENGURUS
|
TUGAS
|
1.
|
Penanggung Jawab
|
· Mengangkat dan memberhentikan pengurus
· Bertanggung jawab terhadap seluruh pelaksanaan Adiwiyata
· Menyetujui dan mengawasi pengajuan dan penggunaan anggaran
|
2
|
Ketua
|
· Menyusun konsep sukses Adiwiyata
· Motivator dan fasilitator pelaksanaan Adiwiyata
· Mengkoordinir dan mengkondisikan pelaksanaan Adiwiyata
· Mengevaluasi pelaksanaan program adiwiyata
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan
· Menjadi tim penilai bagi sekolah binaan
|
3
|
Sekretaris
|
· Mengarsip surat-surat keluar dan masuk
· Mengarsip pelaporan dari seluruh pokja
· Membuat surat keluar
· Membantun menyiapkan dokumen/data terkait penyusunan portofolio
· Membuat laporan kegiatan
|
4
|
Bendahara
|
· Bersama ketua merumuskan anggaran Adiwiyata
· Menyusun laporan anggaran Adiwiyata
· Menerima dan mengeluarkan anggaran
|
5
|
Tim Portopolio
|
· Membuat SK yang berkaitan dengan kebijakan Kepala Sekolah.
· Koordinasi dengan semua masyarakat sekolah dalam rangka pengumpulan data adiwiyata.
· Mendokumentasikan seluruh pelaksanaan adiwiyata di lapangan sesuai dengan pos yang di tugaskan
· Melengkapi data-data atau bukti fisik sesuai dengan kuisioner yang ada.
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan
· Menjadi tim penilai bagi sekolah binaan
|
6.
|
Pokja Taman
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Memonitoring kerja anggota
· Mengkapling taman sekolah serta membagi tugas tanggung jawab taman sekolah bagi anggota pokja
· Memunculkan kegiatan yang mendukung penghijauan dan penataan taman dan ikon Adiwiyata.
· Mengawasi keadaan taman yang di pelihara kelas masing-masing.
· Menysusun laporan kegiatan
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
|
7.
|
Pokja Green House
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Pengadaan pembibitan/tanaman
· Memonitoring kerja anggota
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menyusun laporan
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai pokjanya
|
8.
|
Pokja Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Pengadaan TOGA
· Memonitoring kerja anggota
· Menyusun data TOGA dan manfaatnya
· Membuat/mengolah/memasarkan hasil TOGA
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menyusun laporan
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai pokjanya
|
9.
|
Pokja Kebun
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Pengadaan kebun
· Memonitoring kerja anggota
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
|
10.
|
Pokja Kranisasi, Biopori, dan Drainase
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaa
· Memonitoring kerja anggota
· Memonitoring kondisi sarana pokja
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Pembuatan pelaporan kegiatan
|
11.
|
Pokja Satwa/Fauna
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Pengadaan satwa/fauna
· Memonitoring kerja anggota
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Membuat laporan
|
12.
|
Pokja Komposting
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Memonitor alur sampah
· Pengadaan kompos
· Memonitoring kerja anggota
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Pembuatan pelaporan kegiatan
|
13.
|
Pokja Daur Ulang Sampah Plastik
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Membuat kreatifitas dari limbah plastik
· Memonitoring kerja anggota
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Pembuatan pelaporan kegiatan
|
13.
|
Pokja Daur Ulang Sampah Kertas
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Membuat kreatifitas dari limbah kertas
· Memonitoring kerja anggota
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Pembuatan pelaporan kegiatan
|
14.
|
Pokja Sarana Prasarana
|
· Membuat program kerja
· Koordinasi dengan semua pokja dalam rangka pengadaan sarana dan prasarana Adiwiyata
· Koordinasi dengan wali kelas, siswa, dan petugas tata laksana dalam rangka perawatan saluran air
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan pokjanya
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Membuat laporan kegiatan pokja
|
15.
|
Pokja Kebersihan Lingkungan Sekolah
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Memonitoring kerja anggota
· Memaksimalkan dan memonitoring Jumat sehat dan Jumat Bersih
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Pembuatan pelaporan kegiatan
|
16.
|
Pokja Kebersihan Kamar Mandi
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Memonitoring kerja anggota
· Memonitoring kebersihan dan kelengkapan sarana kamar mandi
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Pembuatan pelaporan kegiatan
|
17.
|
Pokja Kesehatan Remaja
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Memonitor kerja anggota
· Menyiapkan sarana-prasarana kesehatan yang cukup
· Bekerja sama dengan Puskesmas memberi penyuluhan pada masyarakat sekolah tentang cara hidup bersih dan sehat
· Mendata keluhan/sakit yang dialami siswa
· Memberikan solusi/cara terbaik untuk melakukan tindakan selanjutnya jika terjadi sakit.
· Memunculkan kegiatan yang dapat mendukung kebersihan dan kesehatan masyarakat sekolah (menggerakkan UKS
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan pokjanya
· Membuat laporan kegitan pokja
|
18.
|
Pokja Kantin Sehat
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Menonitoring kerja anggota
· Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan memberi penyuluhan kepada petugas kantin mengenai jajanan yang memenuhi syarat-syarat kesehatan
· Pengawasan terhadap menu mamin di kantin
· Pembinaan terhadap kebersihan kantin dan melengkapi administrasi data pembinaan
· Memunculkan produk unggulan dari pengelolaan Kopsis
· Memberi penyuluhan pada siswa agar tidak mengkonsumsi jajan yang mengandung pengawet, pemanis, pewarna buatan
· Mengarsip dan mendokumentasikan kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan kantin sehat
· Membuat laporan
|
19.
|
Pokja Kreatifitas Boga
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Memonitoring kerja anggota
· Menciptakan kreatifitas menu makanan dan minuman sehat
· Memanfaatkan bahan yang ada di sekitar untuk kreatifitas boga
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Pembuatan pelaporan kegiatan
|
20.
|
Pokja Posterisasi
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Mengadaklan lomba poster tingkat sekolah yang berkaitan dengan lingkungan.
· Membuat dan memasang poster tentang lingkungan di sekolah
· Membina pembuatan poster di sekolah
· Mengikuti lomba poster di luar sekolah
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan kegiatan posterisasi
· Mengarsipkan semua kegiatan posterisasi
· Membuat laporan
|
21.
|
Pokja Mading
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Memonitoring kerja anggota
· Memonitor sarana dan prasarana mading
· Mengisi mading secara berkala
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan sesuai dengan pokjanya
· Pembuatan pelaporan kegiatan
|
22.
|
Pokja Kerohanian
|
· Menyusun program kerja
· Membentuk tim Pembinaan mental
· Memonitoring program kerja
· Memaksimalkan kegiatan kerohanian di sekolah
· TIM bekerja sama dengan Pembina mengadakan pembinaan mental secara berkala pada masyarakat sekolah tentang pentingnya sekolah adiwiyata.
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan kerohanian
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menyusun laporan kegiatan
|
23.
|
Pokja Polisi lingkungan
|
· Membuat program kerja
· Membentuk keanggotaan
· Memonitoring program kerja anggota
· Sosialisasi Adiwiyata kepada siswa
· Mengkondisikan situasi hijau, bersih, tertib, santun, aman, dan nyaman
· Merumuskan sanksi pelanggaran Adiwiyata dan menindak pelanggaran yang bersifat mendidik
· Memunculkan kegiatan yang dapat memotivasi kepedulian siswa terhadap Adiwiyata
· Mengupayakan tumbuhnya budaya positif yang menjadi karakter ciri khas SMP Negeri 1 Gampengrejo
· Mengarsip dan mendokumentasikan semua kegiatan pokja
· Menjadi narasumber bagi sekolah binaan terkait dengan pokjanya
· Membuat laporan kegitan pokja
|
24.
|
Pokja Dokumentasi
|
· Mendokumentasikan seluruh kagiatan Adiwiyata
· Koordinasi dengan seluruh pokja dan unsur sekolah untuk memfasilitasi dokumentasi
· Melengkapi portopolio dengan dokumen foto
|
25.
|
Pembantu Umum
|
· Membentuk keanggotaan
· Memonitor kerja anggota
· Memonitor pemilahan sampah tiap kelas
· Melaksanakan kebersihan dan perawatan tanaman sesuai kapling masing-masing
· Mengusahakan situasi bersih dan hijau setiap saat
· Koordinasi dengan semua pokja untuk membantu sukses Adiwiyata
|
H. KONDISI DAN PREDIKSI ADIWIYATA 2 TAHUN KE DEPAN
KONDISI SAAT INI
|
KONDISI 2 TAHUN MENDATANG
|
BESAR TANTANGAN NYATA
|
A. PENGEMBANGAN KEBIJAKAN SEKOLAH PEDULI DAN BERBUDAYA
LINGKUNGAN
| ||
1. Visi dan Misi sekolah yang berbudaya Lingkungan
50 %
|
Mempunyai visi misi yang berbudaya lingkungan 100%
|
25%
|
2. Kebijakan sekolah dalam
mengembangkan pembelajaran
pendidikan lingkungan hidup
60 %
|
100%
|
40%
|
3. Kebijakan sekolah yang dituangkan dalam SK terkait dengan pelaksanaan kegiatan rutin tahunan bertema LH
40%
|
100%
|
60%
|
4. Kebijakan sekolah untuk peningkatan kapasitas SDM bidang lingkungan Hidup bagi warga sekolah.
50%
|
100%
|
50%
|
5. Kebijakan sekolah terkait upaya sosialisasi Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup
50%
|
100%
|
50%
|
6. Kebijakan sekolah dalam upaya efisiensi penggunaan air, listrik, alat tulis kantor, plastik dan bahan lainnya.
50%
|
100%
|
50%
|
7. Kebijakan sekolah terkait terciptanya lingkungan bersih dan sehat
50%
|
100%
|
50%
|
8. Kebijakan sekolah untuk mengalokasikan anggaran bagi kegiatan yang terkait dengan pendidikan lingkungan hidup.
20%
|
100%
|
80%
|
B. PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN
| ||
1. Pengembangan Kurikulum
Pembelajaran Pendidikan
lingkungan Hidup
50%
|
100%
|
50%
|
2. Upaya penambahan dan/atau pengembangan materi PLH berdasarkan Isu Lokal
50%
|
100%
|
50%
|
3. Upaya penambahan dan/atau pengembangan materi PLH berdasarkan Isu global
50%
|
100%
|
50%
|
4. Pengembangan Metode pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup
60%
|
100%
|
60%
|
5. Pemanfaatan Sumber Belajar lain tentang Lingkungan Hidup
60%
|
100%
|
40%
|
6. Kegiatan Kirikuler sekolah yang menghasilkan karya/aksi nyata dalam hal mengimplementasikan hasil pembelajaran yang bertema lingkungan hidup
60%
|
100%
|
40%
|
C. PENGEMBANGAN KEGIATAN LINGKUNGAN BERBASIS PARTISIPATIF
| ||
1. Menciptakan kegiatan ekstrakurikuler / kurikuler di bidang lingkungan hidup berbasis partisipatif di sekolah
60%
|
100%
|
60%
|
2. Kegiatan lingkungan yang diprakarsai oleh sekolah dan melibatkan masyarakat sekitar lingkungan sekolah.
30%
|
100%
|
70%
|
3. Kegiatan lingkungan yang diprakarsai oleh pihak luar yang diikuti sekolah
60%
|
100%
|
40%
|
4. Kegiatan kemitraan yang dilakukan sekolah dengan pihak luar dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup.
50%
|
100%
|
50%
|
D. PENGELOLAAN DAN ATAU PENGEMBANGAN SARANA PENDUKUNG SEKOLAH
| ||
1. Adanya pemanfaatan sarana pendukung sekolah sebagai media pembelajaran LH
60%
|
100%
|
40%
|
2. Adanya upaya pengelolaan sarana prasarana sekolah yang ramah lingkungan
60%
|
100%
|
40%
|
3. Adanya upaya pengelolaan fasilitas sanitasi untuk menunjang kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah
50%
|
100%
|
50%
|
4. Adanya upaya efisiensi penggunaan penghematan air, listrik, alat tulis kantor, plastik dan bahan lainnya.
50%
|
100%
|
50%
|
5. Adanya upaya pengelolaan kantin dan atau makanan yang sehat di sekolah
590%
|
100%
|
50%
|
6. Adanya upaya pengelolaan sampah untuk menunjang kebersihan dan kesehatan
50%
|
100%
|
50%
|
PENUTUP
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Swt, karena berkat limpahan rahmad dan hidayah-Nya kami dapat menyusun Program Kerja Sekolah Adiwiyata Tahun 2012 tanpa kendala yang berarti meskipun dengan segala keterbatasan pemikiran dan kemampuan kami.
Program ini dapat terselesaikan berkat dukungan dan bantuan berbagai pihak. Untuk itu dengan segala hormat kami sampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada :
1. Bapak TRISNO MULYO, S.Pd., M.M.Pd. selaku kepala UPTD SMPN 1 Gampengrejo Kediri
2. Koordinator Pokja
3. Seluruh warga sekolah
4. Serta pihak-pihak lain yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu
Sebagai manusia biasa kami menyadari bahwa program ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kami mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan Program Sekolah Adiwiyata tahun-tahun mendatang. Terima kasih.
izin menkopy ya.. pak .. terimakasih
BalasHapusTerima kasih ilmunya, dan mohon ijin mengcopy
BalasHapussaya juga pak
BalasHapussama seperti bpk2 n ibu di atas, sy jg minta izin mengcopy. terima kasih sebelum dan sesudahnya
BalasHapushatur nuhun, bapak. Tulisan/ilmunya saya copy.
BalasHapusijin kopas pak, terima kasih
BalasHapusLuar biasa Tulisannya Ilmunya kami minta untuk kami kembangkan di sekolah kami Trimakasih
BalasHapusIzin copas ya pak, trmksh. Tulisannya sangat membantu.. Good job ☺
BalasHapusIzin copas ya pak, trmksh. Tulisannya sangat membantu.. Good job ☺
BalasHapusIzin copas ya pak, trmksh. Tulisannya sangat membantu.. Good job ☺
BalasHapusIt's a good job, dear Sir/Madam. Could you please let me copy it? Thanks so much indeed.
BalasHapusizin copy y pak, terima kasih sebelumnya
BalasHapusSangat bermanfaat dan inspiratif. Izin copy ya Pak
BalasHapusCasino | Dr. McD Dr.
BalasHapusFor your 의정부 출장마사지 convenience Casino.com offers a full range of 보령 출장샵 casino games, 구리 출장샵 including Slots, Blackjack, Roulette and 영천 출장안마 more, all in one place. Play 밀양 출장마사지 and win on all your favorite slots and